Cara Mudah Mengatasi Bau Mulut – Bau mulut (juga dikenal sebagai halitosis atau malodor) dapat memalukan dan berat bagi orang-orang di sekitar Anda. Beberapa orang tidak menyadari bahwa napas mereka dapat mengelupas karena orang takut untuk memberi tahu mereka.

Bau Mulut

Menurut informasi terbaru kebersihan mulut yang baik, kunjungan rutin ke dokter gigi, dan mengesampingkan kondisi yang mendasari atau faktor lain (seperti beberapa obat , diet, dan makanan) yang dapat membuat bau mulut..

Bau mulut sering disebabkan oleh penumpukan bakteri di mulut Anda yang menyebabkan peradangan dan mengeluarkan bau berbahaya atau gas yang berbau seperti belerang – atau lebih buruk. Setiap orang memiliki napas yang buruk, seperti ketika Anda bangun dari tempat tidur di pagi hari.

Tidak yakin apakah napas Anda buruk? Cara terbaik untuk mengetahuinya adalah dengan bertanya kepada teman tepercaya atau orang penting Anda, “‘Apakah napas saya berbau?’ Karena sangat sulit untuk mengatakannya sendiri, ” Tina Frangella, DDS, seorang dokter gigi dengan Frangella Dental di New York, kepada WebMD.

Bagaimana Cara Agar tidak Bau Mulut?

Ada cara lain untuk mengetahuinya. Ini mungkin terlihat agak kotor, tetapi perhatikan dan cium benang gigi Anda setelah Anda menggunakannya.”Jika benang Anda berbau atau ada darah di atasnya, maka ada bau busuk di mulut Anda ,” kata Woodall.

Tidak ada statistik tentang berapa persen populasi memiliki bau mulut. Itu karena penelitian biasanya bergantung pada seseorang yang melaporkan apakah mereka berpikir mereka memiliki bau mulut dan mungkin tidak akurat.

Tetapi penelitian menunjukkan bahwa sekitar 80% bau mulut berasal dari sumber oral. Misalnya, gigi berlubang atau gusi dapat menyebabkan bau mulut, seperti halnya amandel yang memiliki partikel makanan yang terperangkap; tambalan retak, dan gigi palsu kurang bersih.

Beberapa kondisi medis internal juga dapat menyebabkan napas Anda menurun dengan cepat. Mereka termasuk diabetes , penyakit hati , infeksi saluran pernapasan, dan bronkitis kronis . Anda akan ingin melihat dokter Anda untuk mengesampingkan hal-hal seperti acid reflux , postnasal drip , dan penyebab lain mulut kering kronis (xerostomia).

Woodall mengingat seorang pasien berusia 30 tahun yang memiliki bau mulut kronis, meskipun giginya “bersih” dan lidahnya sangat bersih. Dokternya mengujinya untuk refluks asam dan kondisi perut lainnya, “memberinya obat, dan bau mulutnya hilang,” kata Woodall.

Lihat Dokter Gigi Anda, Rawat Gigi dan Gusi Anda
Penyebab medis nixed untuk bau mulut Anda? Simpan janji temu gigi terjadwal Anda.”Anda benar-benar ingin mengunjungi dokter gigi setiap enam bulan atau setidaknya setiap tahun,” kata Frangella.

Apa Saja Cara yang di Lakukan Agar Tidak Bau Mulut?

Kebersihan mulut yang baik juga merupakan kunci untuk melawan bau mulut. Idealnya, Anda harus menyikat dan membersihkan benang setiap habis makan untuk membantu mengurangi bakteri penyebab bau di mulut Anda . Sementara sikat gigi biasa berfungsi dengan baik jika Anda menggunakannya sesuai anjuran, Frangella merekomendasikan menggunakan sikat gigi listrik, karena dua alasan.

“Pertama, karena banyak sikat gigi elektrik memiliki pengatur waktu pada mereka dan mayoritas orang tidak menyikat gigi mereka untuk jangka waktu yang tepat. Dan kedua, karena sikat gigi listrik mendistribusikan gerakan yang seragam, yang saya temukan membantu menghilangkan plak lebih efisien daripada ketika saya pasien menggunakan sikat gigi manual. “

Beberapa obat kumur atau obat kumur dapat membantu mencegah gigi berlubang dan mengurangi plak penyebab bakteri dan melawan bau mulut. Gunakan bilas antiseptik atau antibakteri yang membunuh bakteri, bukan bilas kosmetik yang hanya berfokus pada menyegarkan nafas.

Perhatikan Apa yang Anda Makan
Apa yang Anda makan memengaruhi apa yang Anda hembuskan. Itu karena saat makanan dicerna, makanan itu diserap ke dalam aliran darah Anda dan kemudian dikeluarkan oleh paru – paru ketika Anda bernapas.

Makanlah makanan yang sehat, seimbang , dan makanan teratur. Diet tertentu seperti puasa ekstrem dan diet sangat rendah karbohidrat – dapat memberi Anda bau yang tidak sedap.

Pertimbangkan untuk mengudap wortel mentah, seledri, atau irisan apel. “Ada baiknya memiliki sayuran encer yang enak di sana – sesuatu seperti seledri – yang akan membantu membersihkan mulut Anda dari puing-puing,” kata Frangella.

Hindari penghilang nafas seperti bawang putih, bawang merah, dan beberapa makanan pedas lainnya. Pengguna bawang putih kronis tidak hanya memiliki bau mulut kronis, mereka juga sering memiliki bau badan, kata Woodall.

Enam Lebih Banyak Cara untuk Memperbaiki Nafas Buruk
Berikut adalah setengah lusin cara lain untuk membuang bau mulut – semoga bermanfaat.

Tetap terhidrasi. Jika Anda tidak dapat menyikat gigi setelah makan, minum banyak air dapat membantu mempercepat proses pembersihan bakteri berbahaya dan kotoran dari sela-sela gigi Anda. Minum susu bahkan dapat membantu menghilangkan bau tidak sedap, kata Frangella. Hindari minuman manis.

Minum Apa yang Menyebabkan Bau Mulut?

Jangan minum terlalu banyak kopi. Ini mungkin enak, tetapi kopi adalah bau yang sulit keluar dari lidah Anda. Pertimbangkan untuk beralih ke teh herbal atau teh hijau , kata Frangella.
Jangan merokok atau menggunakan produk tembakau lainnya. Rokok, pipa, dan tembakau dapat mengotori napas Anda.

” Merokok bisa memberi orang napas yang mengerikan,” kata Woodall. “Dan beberapa orang membawa barang-barang ini lebih buruk daripada yang lain.” Kurangi alkohol. Alkohol dapat menyebabkan mulut kering . Terlalu banyak bir, anggur, dan minuman keras dapat membuat napas Anda berbau hingga delapan hingga 10 jam setelah Anda selesai minum, kata Woodall.

Baca juga : Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan Tubuh

Kunyah permen karet tanpa gula. Melakukannya 20 menit setelah makan dapat membantu aliran air liur . Gusi yang 100% dimaniskan xylitol dapat membantu mengurangi gigi berlubang, tetapi juga “semacam pendingin dan memberi Anda napas segar yang benar-benar menyenangkan,” kata Frangella.

Hati-hati dengan permen napas. Mint bebas gula tidak masalah untuk perbaikan cepat tetapi hanya menutupi bau yang menyengat dan tidak melakukan apa pun untuk menghilangkan bakteri jahat yang berbahaya. Tergoda untuk mengambil permen manis saat Anda meninggalkan restoran favorit Anda? Jangan. Gula hanya akan duduk di gigi Anda dan memperburuk masalah. Demikianlah artikel tentang cara mudah mengatasi bau mulut semoga bermanfaat.

Kategori: Uncategorized

@alamaison

www.alamaisondefamille.com memberikan informasi kesehatan dan kecantikan herbal alami untuk keluarga anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *