Tips untuk Melindungi Mata dan Mencegah Kebutaan – Melindungi penglihatan Anda adalah salah satu hal paling penting yang dapat Anda lakukan untuk membantu menjaga kualitas hidup Anda.


Melindungi Mata

Menurut informasi terbaru penyebab utama kebutaan dan low vision adalah penyakit yang berkaitan dengan usia seperti degenerasi makula , katarak , retinopati diabetikum , dan glaukoma. Berikut adalah beberapa tips untuk melindungi mata dan membantu Anda menghindari kehilangan penglihatan karena masalah mata terkait usia ini.

Kiat untuk melindungi mata Anda

  • Cari tahu apakah Anda berisiko lebih tinggi terkena penyakit mata. Waspadai riwayat kesehatan keluarga Anda. Apakah Anda atau keluarga Anda menderita diabetes atau memiliki riwayat tekanan darah tinggi? Apakah Anda berusia di atas 60? Ciri-ciri ini meningkatkan risiko penyakit mata yang mengancam penglihatan.
  • Lakukan pemeriksaan fisik secara teratur untuk memeriksa diabetes dan tekanan darah tinggi. Jika tidak diobati, penyakit ini dapat menyebabkan masalah mata. Secara khusus, diabetes dan tekanan darah tinggi dapat menyebabkan hilangnya penglihatan akibat retinopati diabetik, degenerasi makula, dan stroke mata .
  • Cari tanda-tanda peringatan perubahan dalam visi Anda. Jika Anda mulai melihat perubahan dalam penglihatan Anda, segera temui dokter mata Anda. Beberapa tanda masalah yang harus dicari adalah penglihatan ganda , penglihatan kabur dan kesulitan melihat dalam kondisi cahaya rendah. Tanda-tanda dan gejala lain dari masalah mata yang berpotensi serius yang membutuhkan perhatian segera termasuk mata merah , sering kilatan cahaya, floaters , dan sakit mata dan bengkak.
  • Sering berolahraga. Studi menunjukkan bahwa olahraga teratur seperti jalan cepat dapat mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia hingga 70 persen.
  • Lindungi mata Anda dari sinar UV yang berbahaya. Saat berada di luar rumah di siang hari, selalu kenakan kacamata hitam yang melindungi mata Anda dari 100 persen sinar ultraviolet matahari yang berbahaya . Ini dapat membantu mengurangi risiko katarak, pinguecula , dan masalah mata lainnya.
  • Makan makanan yang sehat dan seimbang. Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan mungkin dapat mengurangi risiko katarak. Antioksidan ini paling baik diperoleh dari makan makanan yang mengandung banyak buah-buahan dan sayuran berwarna hijau tua. Penelitian juga menunjukkan bahwa makan ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 dapat mengurangi risiko Anda mengalami degenerasi makula. Juga, pertimbangkan untuk melengkapi diet Anda dengan vitamin mata untuk memastikan Anda mendapatkan jumlah nutrisi yang cukup yang Anda butuhkan untuk menjaga kesehatan mata Anda.
  • Lakukan pemeriksaan mata tahunan. Pemeriksaan mata yang komprehensif , termasuk melebarkan pupil Anda , dapat menentukan risiko penyakit mata utama seperti retinopati diabetik, yang tidak memiliki tanda atau gejala peringatan dini. Pemeriksaan mata juga dapat memastikan bahwa resep kacamata atau lensa kontak Anda mutakhir dan bahwa Anda melihat sejelas dan seaman mungkin.

Ada Tips lainnya untuk menjaga kesehatan mata:

  • Apa yang Anda makan penting untuk kesehatan mata Anda. Makan dengan baik adalah cara nomor 1 untuk merawat mata Anda, kata Rebecca Taylor, MD, seorang dokter mata di Nashville Vision Associates di Tennessee, dan juru bicara American Academy of Ophthalmology. Dia juga merekomendasikan agar Anda berusaha mendapatkan nutrisi dari makanan : “Makan vitamin alih-alih meminumnya.”

Seperti apa seharusnya piring sehat mata Anda? Cukup mirip dengan makanan enak dan sehat . Taylor memulai dengan bayam besar atau salad kangkung yang di atasnya ditaburi sayuran berwarna cerah. Sayuran berdaun hijau memberikan nutrisi lutein dan zeaxanthin, terbukti membantu mengurangi risiko penyakit mata, catat AAO .

Dan vitamin A yang ditemukan dalam sayuran kuning dan oranye terang seperti wortel dan ubi meningkatkan kesehatan mata, menurut National Institutes of Health. Menambahkan buah-buahan seperti stroberi, jeruk, dan mangga menyediakan vitamin C dan antioksidan lainnya, yang menurut Taylor juga membantu melawan penyakit mata. Dia juga termasuk salmon atau ikan air dingin lainnya dalam makanan idealnya, karena omega 3 baik untuk produksi air mata, yang mengurangi mata kering.

Bagaimana Cara Baik Melindungi Mata dan Mencegah dari Kebutaan?

  • Pemeriksaan mata komprehensif mengambil masalah penglihatan sejak dini. Mendapatkan pemeriksaan mata secara teratur adalah satu-satunya cara untuk menangkap berbagai masalah, seperti glaukoma atau penyakit mata diabetes, memastikan Anda akan mendapatkan perawatan tepat waktu. Kebanyakan orang dengan masalah penglihatan harus mengunjungi dokter mata mereka setahun sekali untuk memastikan penglihatan mereka tidak berubah.

Bagi kita semua, AAO merekomendasikan jadwal pemeriksaan mata berikut :

  • Pada 40: ujian mata dasar
  • Dari 40 hingga 55: pemeriksaan mata setiap 2 hingga 4 tahun
  • Usia 55 hingga 64: pemeriksaan mata setiap 1 hingga 3 tahun
  • Di usia 65 tahun ke atas: ujian mata setiap tahun
  • Selama ujian, dokter Anda akan mengambil riwayat keluarga Anda dan memeriksa pupil Anda, penglihatan sentral, penglihatan warna, dan tekanan mata. Ia juga akan melebarkan, atau memperlebar, pupil mata Anda menggunakan tetes mata khusus untuk melihat bagian belakang mata Anda dan memeriksa kerusakannya.
  • Merokok sekarang dapat menyebabkan masalah mata nantinya. “Turun tembakau dalam bentuk apa pun,” kata Taylor. Saat Anda merokok, sianida dari asap masuk ke aliran darah Anda dan dapat menghancurkan sel-sel mata. Merokok membuat Anda berisiko lebih tinggi terkena katarak dan meningkatkan masalah mata kering. Ini juga meningkatkan risiko degenerasi makula , kondisi yang tidak dapat disembuhkan yang menghancurkan penglihatan di tengah mata, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).
  • Anda dapat membantu menjaga penglihatan Anda dengan melindungi mata Anda dari sinar matahari. Taylor merekomendasikan dua perlindungan untuk mata Anda: tabir surya dan kacamata hitam. Kulit di sekitar mata Anda adalah yang paling tipis di tubuh dan rentan terhadap radiasi ultraviolet (UV). Berbagai jenis kanker kulit , seperti karsinoma dan melanoma, dapat terbentuk di kelopak mata dan di sekitar mata, menyebabkan kerusakan besar pada struktur mata .

Kacamata hitam juga merupakan keharusan, menurut Taylor. Tapi jangan tertipu dengan berpikir semakin gelap, semakin baik. “Ini stiker yang Anda lepaskan dari kacamata saat Anda membelinya” yang penting, katanya. Kacamata hitam harus memiliki perlindungan 100 persen lengkap dari sinar UVA dan UVB (gelombang panjang dan pendek). Radiasi ultraviolet merangsang masalah yang menyebabkan katarak dan degenerasi makula – penyebab umum kebutaan.

  • Bekerja di depan komputer sepanjang hari bisa membuat mata Anda kering. Ini sebagian karena ketika kita melakukan hal-hal dari dekat, kita tidak banyak berkedip, kata Taylor. Secara paradoks, salah satu gejala mata kering yang paling umum adalah mata yang mengair, kata Steven Loomis, OD , dari Roxborough Park, Colorado, presiden American Optometric Association.
  • Kerusakan lapisan berminyak dan lendir mata mencegah air mata menguap, dan mata mengimbangi dengan memproduksi lebih banyak air, katanya. Memiliki “mata lelah” pada akhir hari adalah gejala lain.

Apa yang Menyebabkan Mata Kering dan Bagaimana Cara Melindungi Mata?

Peradangan
Obat-obatan tertentu, termasuk antidepresan. Perubahan hormon karena penuaan. Untuk perawatan, coba aturan 20-20-20: Setiap 20 menit, lihatlah selama 20 detik pada sesuatu yang setidaknya 20 meter jauhnya, merekomendasikan Mayo Clinic . Kompres hangat adalah perawatan sederhana lainnya, kata Dr. Loomis.

Seperti halnya air mata buatan tetapi bukan yang “mengeluarkan merah,” karena mereka dapat membatasi darah ke kelenjar air mata. Jika perawatan ini tidak efektif, dokter Anda mungkin meresepkan produk seperti Restasis (cyclosporine) untuk mengurangi peradangan.

  • Diabetes adalah penyebab utama kebutaan di Amerika. Cara terbaik untuk menghindari retinopati diabetik – penyebab paling umum kebutaan di Amerika Serikat – adalah mencegah diabetes, jika mungkin. Hampir semua pasien dengan diabetes tipe 1 mengalami kondisi mata ini, seperti halnya sekitar 60 persen dari mereka yang menderita diabetes tipe 2.

Pada retinopati diabetik, pembuluh darah retina yang kecil rusak. Meskipun tidak ada gejala yang muncul selama tahap awal kondisi, sangat penting untuk menangkap retinopati sesegera mungkin melalui pemeriksaan mata biasa. Seiring waktu, penglihatan Anda bisa kabur dan menyebabkan kebutaan.

Mengontrol gula darah, tekanan darah, dan kolesterol dapat mencegah penyakit memburuk, menurut National Institutes of Health (NIH). Retinopati diabetik dapat diobati dengan operasi laser, yang dapat mengurangi risiko kebutaan lebih lanjut. Namun, perawatan tidak dapat memperbaiki penglihatan yang sudah hilang.

Baca juga : Manfaat dan Cara yang Baik Minum Air Putih

Setelah usia 60, degenerasi makula adalah penyebab utama kebutaan. Degenerasi makula terjadi ketika jaringan mata berdegenerasi, menyebabkan kekaburan atau kehilangan penglihatan di bagian tengah mata. Ada dua bentuk degenerasi makula: basah dan kering.

Jika kehilangan penglihatan disebabkan oleh cairan di retina, kondisi ini dapat diobati dengan suntikan di mata. Tetapi sebagian besar bentuk kering, yang tidak ada pengobatan. Demikianlah artikel tentang Tips untuk Melindungi Mata dan Mencegah Kebutaan semoga bermanfaat.

Kategori: Uncategorized

@alamaison

www.alamaisondefamille.com memberikan informasi kesehatan dan kecantikan herbal alami untuk keluarga anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *